Cara Buat & Redirect Feed Url Blog ke FeedBurner

Cara Buat & Redirect Feed Url Blog ke FeedBurner - FeedBurner adalah suatu layanan yang disediakan oleh Google yang digunakan untuk keperluan feed, agar kontrol feed lebih maksimal. ada banyak fitur didalam FeedBurner ini, kita memungkinkan meng-konfigurasi feed, kostumisasi feed, analisis feed, optimisasi feed, serta publikasi feed. Ada juga layanan berlangganan artikel melalui email seperti di sidebar dengan cukup beberapa langkah saja. Kali ini, saya mau menerangkan cara membuat url feedburner dari url feed blog/website kita.

Pada dasarnya, url feed blog berplatform blogger adalah sebagai berikut :
    http://blog-fariqi.blogspot.com/feeds/posts/default
    atau,
    http://blog-fariqi.blogspot.com/feeds/post/defult?alt=rss

setelah di-redirect ke FeedBurner, menjadi seperti dibawah berikut :
    http://feeds.feedburner.com/blogfariqi

tutorial berikut menggunakan feed dari blog saya lainnya, yang  kbetulan belum di buat url FeedBurner
Cara membuat feed di FeedBurner :
1. Masuk ke FeedBurner & login dengan akun google anda
2. Masukkan url feed blog kamu ke dalam kolom "Burn a feed right this instant". Kemudian, klik "Next"
3. Jika terbaca, url FeedBurner otomatis diambil dari feed blogger yang terverifikasi. Kamu bisa mengedit nama dan url Feed Feedburner di 2 kolom yang teredia. Setelah selesai menulis url dan namanya, klik "Next" untuk melanjutkan proses feed burning.
4. Setelah proses selesai, terdapat pesan konfirmasi bahwa feed telah siap digunakan dan dipublikasikan. selanjutnya ada tawaran untuk menambah fitur feed stats 
5. Selanjutnya, centang beberapa opsi penampilan statistik, yaitu clickthrough, seberapa banyak orang melakukan klik ke link yang menuju blog dari feed, dan item views (jumlah view feed, seperti pageview blog), jumlah sindikasi, popularitas, dan reach. Khusus untuk podcast blog, centang juga item enclosure downloads. Bagi blog biasa, tinggalkan bagian tersebut.
6. Feed blog di feedburner telah berhasil dibuat. Kini anda tinggal menggunakan link feedburner blog untuk melakukan redirect dan juga dapat dipasang dimanapun agar pengunjung mudah menemukan.

Cara redirect URL Feed Blog ke FeedBurner

Langkah membuat feed burner belum selesai karena url feed blog default-nya belum diredirect/diarahkan ke feedburner. Artinya, nanti setelah feed diredirect, setiap anda atau pengunjung masuk ke halaman feed blog asli (http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default) maka akan diredirect ke feed di FeedBurner (http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia).
Coba ketikkan saja di browser: http://blog-fariqi.blogspot.com/feeds/posts/default dan enter untuk lihat hasilnya.
1. Masuk ke Dashboard > Settings > Other (Dashboard Blogger Baru) atau Dashboard > Settings > Site Feed (Dashboard lama).
2. Masukkan url feed blog di feedburner ke kolom Post Feed Redirect URL.
3. Klik "Save Settings" 

Sekarang dengan menggunakan layanan FeedBurner, feed blog anda telah memiliki fitur yang lebih lengkap yg memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam optimisasi dan pengayaan fungsi.

Cukup sekian artikel saya pada malming(malam minggu) ini.... menunggu besok untuk try outtt....
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

728-banner

Pasang iklan murah